Simbol-Simbol pada Botol Plastik

Senin, 14 Juni 2010 0 komentar
Plastik mungkin sudah menjadi teman hidup kita sehari-hari. Berbagai peralatan masak dan perabotan rumah tangga banyak yang berbahan dasar plastic. Plastic dipakai karena ringan, tidak mudah pecah dan murah. Namun, plastik juga berisiko terhadap lingkungan dan kesehatan keluarga kita.
Nah… tahukah anda, bahwa di botol plastic terdapat simbol-simbol yang menunjukkan fungsi khusus dari botol tersebut. Apakah anda tahu arti dari simbol-simbol tersebut? Berikut penjelasannya.

Photobucket

1. PETE atau PET (polyethylene terephthalate) biasa dipakai untuk botol plastic yang jernih/transparan/tembus pandang seperti botol air mineral, botol jus, dan hamper semua botol minuman lainnya. Botol-botol direkomendasikan hanya untuk sekali pakai. Sebainya, kemasan jenis ini tidak dipakai berulang-ulang dan jangan dipakai untuk air hangat apalagi panas. Buang botol yang sudah lama atau terlihat baret-baret.
2. HDPE (high density polyethylene) biasa dipakai untuk botol usus yang berwarna putih susus. Sama seperti no. 1 PET, no. 2 juga direkomendasikan hanya untuk sekali pemakaian.
3. V atau PVC (polyvinyl chloride) adalah plastik yang paling sulit didaur ulang. Plastik ini bisa ditemukan pada plastik pembungkus (cling wrap), dan botol-botol. DEHA (di(2-ethylhexyl)adipate) yang terkandung dalam PVC dapat bocor daan masuk ke makanan beminyak bila dipanaskan. PVC berpotensi bahaaya untuk ginjal, hati dan berat badan.
4. LDPE (low density polyethylene) biasa dipakai untuk tempat makanan dan botol-botol yang lembek, dapat didaur ulang dan baik untuk barang-barang yang memerlukan flekssibitas tetapi kuat. Barang dengan symbol no. 4 sulit dihancurkn tetaapi tetap baik untuk tempat makanan.
5. PP (polypropylene) adaalah pilihan terbaik untuk bahan plastik terutma untuk penggunaan yang berhubungan dengan makanan dan minuman, seperti tempat menyimpan makanan, botol minum dan botol minum untuk bayi. Cirinya, botol transparan yang tidak jernih ataau berawan. Cari symbol ini bila membeli barang berbahan plastik.
6. PS (polystyrene) biasa dipakai sebagai bahan tempat makan Styrofoam, tempat minum sekali pakaai, dll. Tidak baik untuk kemasan makanan sebab styrene yag terkandung dapat bocor ke dalam makanan, serta berpotensi membahayakan otak dan sistem saraf. Bahan ini harus dihindari dan banyak Negara bagian di Amerika sudah melarang pemakian tempat makanan berbahan Styrofoam termasuk Negara China.
7. Other (biasanya polycarbonate) bisa didapatkan di tempat makanan dan minuman seperti botol minuman olahraga. Polycarbonate bisa mengeluarkan bahan utamanya yaitu Bisphenol-A ke dalam makanan dan minuman yang berpotensi merusak system hormone. Hindari bahan plastik Polycarbonate.
Sayangnya, masih banyak barang plastik yang tidak mencamtumkan symbol-simbol ini terutama barang plastik buatan lokal di Indonesia. Dan biasanya, hanya barang bermerek saja yang mencamtumkan simbol-simbol tersebut.

0 komentar:

Poskan Komentar

 

©Copyright 2011 Indahnya Duniaku | TNB